Bahan Ajar Materi Kuliah elektro (catatan matakuliah) online USTJ-PAPUA, merupakan metode kuliah yang dilakukan secara tidak langsung. Pembelajaran dan Jadwal Materi kuliah (kuliahonline) teknik elektro diharapkan menjadi solusi dan alternatif terbaik guna mengembangkan bidang IT terutama lebih kearah kemandirian dalam proses belajar mengajar. Perubahan sedikit jauh lebih baik dari pada tidak sama sekali. Kesempurnaan masih terus dilakukan dan diharapkan menuju kesempurnaan seperti yang diharapkan.

Proses Terjadinya Perubahan Energi Listrik ke Bentuk Energi Lainnya

Pendahuluan dari materi Kuliah elektro Mesin Elektrik 1 terutama dalam sistem tenaga listrik diperlihatkan bagaimana terjadinya perubahan energi baik energi listrik menjadi energi listrik atau energi mekanis menjadi energi listrik maupun sebaliknya dari energi listrik menjadi enrgi mekanis merupakan faktor penentu dalam melakukan perubahan energi dari bentuk yang satu menjadi energi dalam bentuk yang lainnya. Secara singkat sistem perubahan dimaksud di atas, sangatlah bergantung pada peralatan atau piranti yang dipergunakan.
Adapun piranti sebagai media perubahan energi terdiri dari 3 (tiga) jenis mesin elektrik/listrik, yaitu:
1. Generator, yang merupakan peralatan listrik yang dapat dipergunakan untuk mengubah energi mekanis menjadi energi listrik.
Generator terdiri dari 2 jenis yaitu Generator Arus Searah ( DC ) dan Generator Arus Bolak-Balik ( AC ).
2. Motor, yang merupakan peralatan listrik yang dapat dipergunakan untuk mengubah energi listrik menjadi energi mekanis. Motor juga terdiri dari Motor Arus Searah ( DC ) dan Motor Arus Bolak-Balik (AC).
3. Transformator (Trafo) merupakan peralatan listrik yang dipergunakan untuk merubah energi listrik yang masuk menjadi energi listrik lainnya atau berupa tegangan output. Adapun tegangan yang dihasilkan dapat dinaikkan maupun diturunkan sesuai dengan trafo
yang dipergunakan.
Sebagaimana fungsi tersebut di atas, maka Trafo dibagi dalam 4 jenis berdasarkan fungsinya, yaitu:
a. Trafo Penaik tegangan atau biasanya disebut trafo Step-Up atau yang lebih dikenal sebagai Trafo Daya
b. Trafo Penurun Tegangan (trafo Step-Down) atau yang biasanya dikenal sebagai Trafo Distribusi.
c. Trafo yang dipergunakan pada alat ukur (instrumen)
d. Trafo yang banyak digunakan pada peralatan atau rangkaian elektronik. Trafo ini difungsikan untuk melakukan
pemblokiran terhadap rangkaian yang satu terhadap lainnya.
Secara keseluruhan ke 3 peralatan tersebut di atas dapat disebut sebagai Mesin listrik atau Mesin Elektrik. Jika ditinjau untuk
generator dapat dikategorikan sebagai Generator Arus Searah dan Generator Arus Bolak-Balik.Demikian juga dengan Motor sebagai
mesin listrik yang terdiri dari Mesin Arus Searah dan Mesin arus bolak-balik termasuk Trafo.
Untuk mesin Arus Searah dapat dibagi menjadi 2 jenis, yaitu
a. Mesin Arus searah dengan penguatan bebas
b. Mesin Arus searah dengan penguatan sendiri. Mesin arus searah jenis ini terdiri dari Mesin Shunt, Mesin Seri dan Mesin Kompon.
Sedangkan untuk mesin arus bolak-balik dapat dibedakan dalan 2 jenis, yaitu
a. Mesin Asinkron atau yang biasanya juga disebut Mesin Tak Serempak atau Mesin Induksi.
b. Mesin Sinkron atau Mesin Serempak